Secara umum, swing trading adalah pendekatan trading di mana trader mencoba memanfaatkan pergerakan harga jangka menengah, biasanya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Pada pembahasan kali ini saya akan mengenalkan “EXP Swing” di pasar MQL5, mungkin merupakan indikator atau sistem trading yang dirancang untuk membantu trader dalam swing trading.

Bayangkan Anda sedang bermain ayunan di taman. Anda ingin memanfaatkan gerakan bolak-balik ayunan tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Anda mulai dengan menempatkan dua tali ayunan dengan jarak tertentu dari posisi awal Anda. Mari kita sebut jarak ini sebagai “Jarak Order Stop” dalam analogi ini.

Ketika ayunan bergerak ke satu arah, tali ayunan yang sebaliknya akan dihapus, dan tali ayunan di arah yang sama dengan gerakan akan diperpanjang. Ini mewakili pembukaan order pada pergerakan harga yang menguntungkan.

Misalnya, jika ayunan bergerak ke arah kanan (naik), tali ayunan yang menunjuk ke kiri (turun) akan dihapus, dan tali ayunan yang menunjuk ke kanan akan diperpanjang. Ini mengindikasikan pembukaan order buy dengan volume tertentu.

Sebaliknya, jika ayunan bergerak ke arah kiri (turun), tali ayunan yang menunjuk ke kanan (naik) akan dihapus, dan tali ayunan yang menunjuk ke kiri akan diperpanjang. Ini mengindikasikan pembukaan order sell dengan volume tertentu.

Ketika keuntungan yang diinginkan tercapai, semua order akan ditutup, dan proses dimulai kembali dari awal dengan menempatkan dua tali ayunan pada jarak yang ditentukan.

Exp Swing adalah sebuah produk yang didasarkan pada model strategi terkenal yang disebut Swinger (Pendulum, Cheburashka). Strategi ini melibatkan penempatan dua pending order yang berlawanan. Ketika harga bergerak ke arah tertentu, salah satu pending order akan terpicu, sementara ukuran lot dari order lainnya ditingkatkan.

Konsep utama di balik strategi ini adalah untuk mencoba mengambil keuntungan dari pergerakan harga yang naik turun dalam pasar. Dengan menempatkan dua pending order yang berlawanan, Anda menciptakan “jebakan” untuk harga. Jika harga bergerak ke satu arah, pending order yang berlawanan akan tetap berada sebagai cadangan dan ukuran lotnya akan ditingkatkan untuk meningkatkan potensi keuntungan.

Misalnya, jika Anda percaya bahwa harga akan naik, Anda bisa menempatkan pending order buy di atas harga saat ini dan pending order sell di bawah harga saat ini. Jika harga naik dan mencapai pending order buy, itu akan terpicu dan Anda akan memperoleh keuntungan. Pada saat yang sama, pending order sell masih ada sebagai cadangan jika harga berbalik turun.

Jika harga terus naik, Anda dapat mempertimbangkan untuk menempatkan pending order buy baru di atas harga saat ini dan meningkatkan ukuran lotnya. Dengan cara ini, Anda meningkatkan potensi keuntungan jika harga terus naik. Jika harga berbalik turun, maka pending order yang telah ditingkatkan ukuran lotnya akan menjadi cadangan dan mungkin akan terpicu jika harga mencapai level yang ditentukan.

Expert AdvisorExp Swing menyediakan tiga jenis pembukaan pending order, yaitu:

Auto-opening after placement (Instant opening AutoTrade):
Dalam mode ini, EA akan secara otomatis membuka pending order setelah Anda menempatkannya di grafik. Misalnya, setelah Anda menempatkan pending order buy atau sell, EA akan segera membuka order tersebut tanpa perlu intervensi manual lebih lanjut dari Anda.

Opening and management after manual opening (Manual opening ManualTrade):
Dalam mode ini, EA akan membantu dalam pembukaan dan pengelolaan pending order setelah Anda membuka order secara manual. Misalnya, setelah Anda membuka order buy atau sell secara manual, EA akan mengelola order tersebut dengan mengatur stop loss, take profit, atau fitur pengelolaan risiko lainnya.

Opening by Distance between High/Low levels (High Low for the past bar TFTrade):
Dalam mode ini, EA akan membuka pending order berdasarkan jarak antara level High dan Low pada periode sebelumnya. Misalnya, jika jarak antara level High dan Low pada periode sebelumnya melebihi ambang batas yang ditentukan, EA akan membuka pending order buy atau sell sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Cara Kerja EA Exp Swing

Pada awalnya, Expert Advisor (EA) menempatkan dua pending order, yaitu Buy Stop dan Sell Stop, dengan jarak StopOrderDeltaifUSE dari harga saat ini. Jarak tersebut dapat dikonfigurasi sesuai dengan preferensi Anda.

Jika Buy Stop terpicu, artinya harga naik dan mencapai level Buy Stop, maka Sell Stop akan dihapus, dan akan ditempatkan Sell Stop order baru dengan volume BuyStop * Martin. Di sini, “Martin” mewakili faktor pengganda yang dapat dikonfigurasi. Misalnya, jika BuyStop adalah 0,01 lot dan Martin adalah 2, maka volume Sell Stop order yang ditempatkan akan menjadi 0,02 lot.

Sebaliknya, jika Sell Stop terpicu, artinya harga turun dan mencapai level Sell Stop, maka Buy Stop akan dihapus, dan akan ditempatkan Buy Stop order baru dengan volume SellStop * Martin. Volume order akan dihitung berdasarkan faktor pengganda yang sama seperti pada langkah sebelumnya.

Ketika target keuntungan (take profit) tercapai, semua order akan dihapus, dan proses dimulai kembali dari awal. Buy Stop dan Sell Stop baru akan ditempatkan pada jarak StopOrderDeltaifUSE dari harga saat ini.

parameter-parameter EA Exp Swing:

  1. Trade Settings (Pengaturan Perdagangan):
    • TypeofTrade: Memilih mode perdagangan EA. Anda dapat memilih antara tiga mode yang dijelaskan sebelumnya: AutoTrade, ManualTrade, atau TFTrade.
    • StopOrderDeltaifUSE: Jarak untuk pending order. Nilai defaultnya adalah 100, tetapi dapat disesuaikan sesuai preferensi Anda. Ini menentukan jarak dari harga saat ini di mana pending order akan ditempatkan.
    • Magic: Nomor identifikasi unik (magic number) untuk EA. Ini digunakan untuk membedakan transaksi yang dilakukan oleh EA ini dari transaksi lainnya.
    • StopLoss: Tingkat stop loss yang dapat dikonfigurasi. Secara default, parameter ini tidak digunakan (0), tetapi Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan Anda.
    • ModifyStopLossAtOrdersopen: Mengubah tingkat stop loss dari order yang terbuka ke level open pending order.
    • TakeProfit: Tingkat take profit yang dapat dikonfigurasi. Secara default, parameter ini tidak digunakan (0), tetapi Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan Anda.
    • StopDayTradingEaAfterTP: Jika posisi terakhir ditutup oleh take profit, EA akan berhenti bekerja hingga hari berikutnya.
    • MarketWatch: Mode perdagangan. Jika diatur sebagai “true”, EA akan membuka order/posisi tanpa level stop, dan kemudian akan memodifikasinya. Ini cocok saat bekerja dengan beberapa broker.
    • Lots: Ukuran lot tetap yang digunakan untuk setiap order. Nilai defaultnya adalah 0,1, tetapi dapat disesuaikan sesuai preferensi Anda.
    • Martin: Koefisien martingale untuk order berikutnya yang dibuka setelah order yang kalah. Nilai defaultnya adalah 2, tetapi dapat disesuaikan sesuai preferensi Anda.
  2. Trade Time (Waktu Perdagangan):
    • OpenHour: Jam pembukaan perdagangan. Nilai defaultnya adalah 0.
    • CloseHour: Jam penutupan perdagangan. Nilai defaultnya adalah 23.
  3. Trailing Stop:
    • TrailingStopUSE: Mengaktifkan penggunaan trailing stop. Jika diatur sebagai “true”, trailing stop akan digunakan.
    • TrailingStop: Jarak trailing stop dalam poin. Nilai defaultnya adalah 0, yang berarti jarak minimum digunakan.
    • TrailingStep: Langkah trailing stop dalam poin. Nilai defaultnya adalah 1.
    • StartPointToTrail: Tingkat dalam poin untuk mulai menggunakan trailing.
    • RollbackPoint: Jumlah poin rollback untuk menutup sebagian posisi.
    • PercentLotToClose: Persentase volume awal untuk menutup posisi.
    • StepPointToFixLevel: Jumlah poin untuk memperbaiki level berikutnya.
    • MovingInWLUSE: Menetapkan posisi ke titik impas (breakeven) dengan level trailing stop pertama.

Kesimpulan

Exp Swing adalah sebuah Expert Advisor (EA) yang dirancang untuk digunakan dalam trading forex dengan strategi pendulum atau swinger. EA ini menggunakan pendekatan pembukaan dan penempatan ulang order dengan volume yang meningkat ketika harga bergerak dalam arah tertentu.

Dalam penggunaannya, EA Exp Swing menempatkan dua pending order, yaitu Buy Stop dan Sell Stop, pada jarak tertentu dari harga saat ini. Jika salah satu order terpicu, order yang lain akan dihapus, dan order baru dengan volume yang meningkat akan ditempatkan. Tujuan dari strategi ini adalah untuk memanfaatkan gerakan bolak-balik harga dengan membuka order pada saat yang tepat dan menutupnya ketika target keuntungan tercapai.

EA ini juga memiliki beberapa parameter yang dapat dikonfigurasi, seperti jarak order, tingkat stop loss, tingkat take profit, lot tetap, koefisien martingale, dan lain-lain. Setiap parameter tersebut dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan trader.

Namun, penting untuk selalu melakukan pengujian dan evaluasi yang cermat sebelum menggunakan EA Exp Swing dalam trading yang sebenarnya. Memahami strategi ini dengan baik, mengatur parameter dengan bijak, dan melakukan manajemen risiko yang tepat adalah kunci kesuksesan dalam penggunaan EA ini.